Selasa, 03 Maret 2009

Fosil Gajah Purba Di Tepian Bengawan Solo



Pada akhir Desember 2008 lalu saat menggali pasir tiga orang penduduk Desa Medalem Kecamatan Kradenan Kab Blora menemukan Fosil gading dan patahan tulang iga gajah purba.

Lokasi penemuan, menurut keterangan Kepala Seksi Kesenian dan Nilai Budaya Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Blora, Suntoyo, memang merupakan endapan Bengawan Solo Purba.

Di dukuh Medalem yang berada di tepi Bengawan Solo itu sering ditemukan fosil-fosil binatang purba seperti gading, tanduk, tempurung kura-kura dan tengkorak buaya.Banyak temuan temuan itu yang jatuh ketangan "mafia fosil" yang berkeliaran disitus-situs purbakala seperti halnya yang terjadi di Sangiran kab. Sragen dan lain-lainnya.

Konon fosil gading yang ujungnya patah karena kena cangkul itu sudah ditawar pemburu fosil senilai 5 juta rupiah.Untungnya para penemu yang lugu itu tidak berminat dan berencana menyerahkan benda berharga tersebut ke Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Blora.

Kiranya perlu perhatian yang lebih serius dari Pemkab. Blora maupun Pemerintah Pusat untuk menjaga situs situs purbakala semacam ini sehingga fosil dan artefak yang masih tertanam dilokasi tersebut tidak menjadi jarahan oknum oknum yang hanya mengejar keuntungan materi saja tanpa memperhatikan arti penting benda benda cagar budaya tersebut.

Bahan tulisan dan foto :http://bloraku.com/index.php?id=44

1 komentar:

infoGue mengatakan...

Artikel anda di

http://fossil.infogue.com/fosil_gajah_purba_di_tepian_bengawan_solo

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!